Jumat, 15 Juni 2007

AKHIRNYA JADI JUGA…..




Perpustakaanku….
Ntah gimana awalnya sampe jadi juga aku buat perpustakaan a.k.a taman bacaan di rumahku. Lumayan kilat prosesnya. Kepikir buat bikin tggl 27 februari, eh…26 maret aku udah start buka taman bacaanku dengan sistem yang mayan oke.
Namanya amalthea. Gak ada hubungannya dengan acara per-amal2an. Aku sendiri kaget waktu spanduk backdropnya jadi. Ada yang salah dengan namanya...apa ya...hahhh!!!! tenyata kalo amalthea di jadiin ngomong orang sunda jadi: amal-thea...hhiihiiihi..... amalthea --yang kuambil dari nama salah satu satelit saturnus-- sendiri udah lama jadi nama favoritku, dari SMU and udah jadi id per-imel2anku...hehehhee... jadi gak ada hubungannya sama sekali sama per-amal2an..:)...heheheh

Back to my library. Jadi ceritanya ntah kenapa disuatu saat tanggal 27 februari itu darahku menggelegak parah...AKU INGIN MELAKUKAN SESUATU YANG REAL!!!... terasa sekali aku resah gelisah gundah gulana ingin melakukan sesuatu oleh diriku sendiri. Soalnya selama ini bawaannya cuman dipikirin doang, didiskusiin dan hanya tinggal angan-angan..oh idealismeku janganlah sebatas angan-angan...hehehhe...

Lanjut...!!! aku bingung apa yang bisa aku lakukan...awalnya...aku mang ud kepikiran buat sesuatu untuk pendidikan dan anak-anak dan lingkungan sekitar aku.... dan awalnya aku mang lumayan dekat dengan dunia perbukuan dan jadilah aku membeli setumpuk donal bebek bekas di cikapundung alun-alun. Haaahhhh... apa hubungannya??? Hubungannya adalah aku pengen menyediakan fasilitas bacaan buat anak2 skitar rumahku, dan karena walaupun bukuku lumayan banyak tapi gak ada buku anak2 dan gimana mau kasi bacaan buat anak2 kalo gak ada bukunya...hehehe.. dan karna saat itu duitku baru sanggup untuk membeli setumpuk majalah donal bebek, jadilah aku beli dan segera kusampul dengan rapi....

Next! Sekarang aku bingung tempatnya dimana, awalnya mah aku kepikiran untuk ngobrol sama RT/RW setempat ato remaja mesjid setempat untuk bantu nyediain tempat buat baca, biar masalah buku aku yang ngurus and masalah tempat aku minta tolong penduduk sekitar aja. Tapi oh tetapi....diriku gak jadi bekerja sama dengan mereka dikarenakan hasil pembicaraanku dengan bberapa orang termasuk si bibik yang juga tetanggaku itu. Intinya mah... rada sulit kalo dilepas, masalah kontrol, masalah kesehatan dan keamanan buku dan lain-lain.... dan tambah bingunglah aku.... bagaimana ini!!!!

Salah satu temenku bilang: yah udah bikin dirumah aja!!, aku bingung...dirumah gimana??? Dimananya??? Syapa yang jaga??? Masa aku...mang setiap hari aku gak ada kerjaan apa.... gitu deh...aku lumayan bingung waktu itu sampe aku (dengan saran beberapa teman) akhirnya ngebuat perpus kecil-kecilan diruang tamuku yang diubah susunan tata letaknya. Lemari bukupun akhirnya karena tak punya uang, aku pake lemari bukuku yang dirumah...dengan terlebih dahulu merapikan dan mensortir buku2 yang layak baca... (hehe..masak aku juga masukin buku kalkulus..gak mungkinkan..hehehhe)... dan buku2 yang akhirnya menjadi penghuni awal perpusku pun adalah buku2ku sendiri yang terdiri atas novel, sastra, buku2 Pram, buku2 Islam, buku2 motivasi, manajemen dan bisnis dengan hanya sedikit buku anak2, majalah donal bebek, dan komik... huhuhuu...miskin sekali perpustakaanku....

Dan akhirnya akupun start perpustakaanku tggl 26 maret itu dengan buku seadanya. Oh ya untuk menyelesaikan masalah syapa yang menjaga???? Akhirnya aku minta tolong sama anaknya bibik. Jadi...fitri anaknya bibik ini sebenarnya masih SMP kelas 2... yang setelah aku ngobrol2 dengannya dia bilang kalo pulang sekolah gak ada kerjaan... trus aku tanya mau gak bantuin di perpustakaan kakak.. (cieee...kakak deasy...heheheh)..intinya mah cuman jagain aja..jadi kalo disambil belajar ato ngapa2in juga bisa...dan dia mau... Alhamdulillah.... dengan itu jadilah perpustakaanku yang hanya buka dari jam 2-5 sore itu.

Alasan kenapa jam 2-5 adalah karna targetku adalah anak2...jadi percuma juga buka dari pagi kalo ga ada yang datang. Jadilah perpustakaan ini menjadi alternatif tempat untuk kegiatan anak2 pulang sekolah selain tidur siang, ngerjain PR dan maen...

Selanjutnya...untuk memenuhi kuota buku yang awalnya sangat minim sekali itu, aku akhirnya mempublishkan kebeberapa temen: AKU BUTUH BUKU!! So, kalo ada yang punya buku yang ud ga dipake lagi... tolong dipinjamkan, dikasih ke saya. Dan hasilnya lumayan juga...banyak temen2 yang berpartisipasi n memberikan/meminjamkan bukunya...alhamdulillah ....

So...akhirnya perpustakaanku yang menjelang 3 bulan ini udah bisa mandiri, jalan, rame tiap sorenya, penuh dengan aktivitas setiap akhir minggu (hari sabtu dan minggu), serta sudah mempunyai kurang lebih 2000 judul buku anak-anak... wuihhh...banyak yaaakssss... Alhamdulillah....


Tidak ada komentar: