Jumat, 15 Juni 2007

INTINYA: TEMAN-TEMAN!!!












Kenapa intinya teman-teman???!!! Karena dengan teman-teman ternyata aku bisa melakukan apa saja yang aku impikan. Ada teman yang saling dukung dan bantu.... Beginilah ceritanya.......

Awal-awal start perpusku, lumayan rame juga anak2nya....ada yang baca ditempat dan ada yang bawa pulang. Tapi ternyata kondisi ini gak bertahan dengan lama...karena anak2 ternyata butuh bergerak! Anak-anak gak tahan dengan kegiatan ruangan yang pasif dalam waktu lama... mereka perlu menggerakkan otot mereka, perlu teriak2an dan perlu berinteraksi dengan teman-temannya. Jadilah minggu ke-2 perpustakaanku sepi pengunjung....karena anak2 ternyata lebih tertarik maen bola...hiksss....

Aku bingung...n penasaran... gimana ya caranya supaya anak2 lebih tertarik lagi datang dan membaca...sesuai dengan misiku adalah: MENCIPTAKAN BUDAYA MEMBACA buat anak-anak.....
Dan ternyata solusinya adalah ” SHARE DENGAN TEMAN-TEMAN”. Begitulah...akhirnya setiap ketemu siapapun aku cerita tentang perpustkaanku: idenya, dan masalah2 yang kuhadapi diperpustakaan. Dan ternyata SHARE ini berpengaruh sangat OKE!!.. karena dengan share ini aku menemukan:
  1. tambahan buku-buku dari koleksi teman-temanku yang baek hati itu....
  2. jaringan ke perpustakaan-perpustakaan se-bandung dan orang-orang yang concern dibidang sosial dan per-bukuan
  3. ide-ide segar dari teman2ku yang ternyata mempunyai keinginan yang mirip2 denganku tapi belum terealisasi
  4. tenaga sukarela dari teman-temanku yang pengen bikin kegiatan dan cukup tau tentang kegiatan anak-anak

TAMBAHAN BUKU-BUKU
Ya...ini pastinyalah... begitu aku cerita kesiapa aja...hampir sebagian besar ingin mendonasikan bukunya keperpusku... ada yang komik, majalah, buku2 berat, novel, dsb. Semuanya kuterima... walopun hampir sebagian besar gak ada buku anak2nya....(malah ada yang ngasi komik2 XXX-nya ke aku...wekekekekkesss).

Sampailah aku bertemu dengan teman-teman yang concern diperbukuan... dialah PUTI. Temennya adekku anak mesin 01 dan aku juga sempat kenal and ketemu dimacam2 kegiatan. Waktu aku ketemu sama dia, diapun dengan semangat mau membantuku. Ternyata dia udah ada di bidang perbukuan and pendidikan cukup lama... dia seneng ngajar anak2, anak2 jalanan bahkan punya lsm sendiri. Selain itu dia juga punya jaringan yang cukup dekat dengan teman-teman lain yang concern dibidang yang sama. Ditambah lagi dia punya segudang buku (Aku dipinjemin 6 kardus besar buku anak2, ensiklopedi, majalah, cerita rakyat dan lain-lain)... Alhamdulillah jadilah banyak banget yang mengisi perpustakaanku...hehehehhe....

Dari Puti ini, aku kenal dengan teman2 lain. Diantaranya teman dari 1001 buku (Lidya) yang juga menjanjikan akan memasok sebagian buku-buku ke perpusku. Juga ada Kandi dari Pustakalana meminjamkan ratusan buku anak2nya ke aku... huaa...Alhamdulillah.... Oh ya, Pustakalana ini adalah perpustakaan yang uda lumayan lama berdiri yang dibuat sama beberapa orang anak2 ITB yang concern di pendidikan anak. Dan sementara ini, karena masalah tempat Pustakalana jadi tutup untuk sementara waktu.

Dan begitulah.....pertemanan menghasilkan ssuatu yang menggembirakan....:) bersama-sama teman kita melakukan ssuatu yang rill

JARINGAN PERBUKUAN
Seperti yang kubilang tadi...akhirnya aku gabung juga dengan teman-teman disini. Menyenangkan bertemu dengan mereka yang sevisi dan senang melakukan ssuatu yang aku juga senang...hehehehhe

IDE-IDE SEGAR DAN TENAGA SUKARELA
Selanjutnya adalah..... perpustakaan perlu kegiatan!!! Itu yang terus menerus aku fikirkan. Aku ingin perpustakaan ini hidup, ada kegiatan yang dilakukan. Dan seperti biasa...aku share ide ini kebeberapa teman dan.....jadilah!!!

Ide-ide segar bermunculan dan banyak teman yang menawarkan diri untuk membantu untuk bikin kegiatan (Hhehe...tengkyu Jim;p). Jadi setiap minggu dan hampir setiap sabtu..dirumahku ada kegiatan untuk anak. Kegitannya antara lain: mendongeng, menggambar, permainan edukatif, belajar bahasa inggris, memasak, belajar ensiklopedia dan lain-lain.

Pelaksanaannya sederhana....ga perlu persiapan macem-macem, cuman sedikit ide kreatif dan akhirnya jalan juga. Malah teman-teman juga udah banyak yang menawarkan diri untuk mengisi acaranya, antara lain: sandiwara boneka, belajar nyanyi, belajar merajut, metode kumon, public speaking buat anak-anak dan menulis kretaif buat anak-anak....seru yaaaa......huhuhuuhu....senangnya......

Untuk kegiatan-kegiatan ini, aku ga maksain teman2ku tentang kehadirannya. Jadi yah..bebas aja...kira-kira minggu ini syapa yang bisa ngisi..yah sok aja langsung.... kalo gak bisa, tinggal dijadwalin untuk acara minggu depannya...sederhanakan.....

KOMUNITAS
Yang kudapat dari kegiatan ini adalah membangun komunitas. Tanpa sadar aku udah punya komunitas teman-teman yang concern dibidang ini dan juga udah ngebentuk komunitas anak-anak yang semakin senang membaca dan bermain. Aku juga senang...tiap sabtu minggu, pasti mereka datang dan nanyain: hari ini ada kegiatan apa kak??? Seru kan...dan juga teman-temannya Fitri yang anak SMP itu suka datang untuk bantuin kegiatan-kegiatan diperpus. Mulai dari beresin buku, sampai jadi panitia penyelenggara kegiatan hari sabtu/minggu...... seru banget lah pokoknya....

Yang kurang dari komunitas ini adalah kemandirian. Komunitas ini belum mandiri dan kedepannya inginnya menuju kesana. Gak mandiri itu maksudnya, kalo gak ada aku/temen2ku yang suka bantuin kegiatan, kegiatan ini gak jalan. Padahal kan aku gak selalu bisa hari sabtu ato minggunya...

Kedepannya aku ingin, yang bisa ngejalanin ini langsung dari penduduk sekitar/tetangga2ku/remaja2-nya .... DARI MEREKA UNTUK MEREKA....

Yah semoga aja dalam perjalannya...komunitas ini bisa dilepas dan berdiri sendiri. And yang paling penting...ide-ide dan semangat untuk melakukan sesuatu bagi komunitas semakin tinggi.

Tidak ada komentar: